iklan banner
MASIGNCLEAN101

Blogger Harus tahu: Komentar Relevan Itu Seperti Apa?

iklan banner
Blogger Harus tahu: Komentar Relevan Itu Seperti Apa?

Bisa dibilang, saya baru satu bulan ini aktif nge-blog. Benar-benar aktif dalam artian sering bergabung di grup-grup blog, menerapkan SEO, posting artikel dan hal lainnya yang akan membuat blog bertahan lama. 

Tidak jauh dari itu, para blogger selalu menyarankan blogger yang lain untuk berkomentar secara relevan. Mungkin, bagi pemula atau pun yang sudah lama pasti ada pertanyaan yang melintas dipikiran. Bagaimana komentar yang relevan tersebut?

Menurut pengamatan saya, relevan sendiri berarti satu arah alias nyambung.  Nah, berikut beberapa point yang bisa dikaitkan dengan relevan:

Berkomentar Sesuai Tema

Jika pemilik blog membahas tentang tumbuhan, komentar juga tentang tumbuhan yang dibicarakan. Jika pemilik blog berbicara tentang tips blog berkomentar juga tentang hal tersebut. Jangan malah berkomentar hal-hal lain. Ngalor-ngidul tidak jelas dan hanya sekadar memberi komentar atau OOT.  Pemilik blog justru tidak akan pernah respect kepada orang yang berkomentar semacam itu.

Tidak Spam

Konon, google tidak suka dengan yang namanya spam. Apalagi memasang link hidup secara berkali-kali dalam konten yang sama. Hal tersebut sangat merugikan pemilik blog, karena akan berpengaruh kepada rangking di mata google. Jangan sekali-kali  spam di postingan orang lain. Berlaku baiklah layaknya seseorang yang mengunjungi rumah teman dekatnya. 

Logikanya seperti ini, bagaimana perasaan Anda jika rumah yang sudah sangat bersih dikotori hewan atau pun anak yang sedang bermain-main? Kesal bukan? Nah, pemilik blog juga merasakan hal yang sama.

Berkomentar dengan Sopan

Setidaknya, ketika materi yang disampaikan seseorang di blognya tidak sesuai dengan hati, jangan sesekali memaki orang lain. Hargai jerih payah mereka. Bukankah menghargai adalah hal yang baik? Setidaknya, meskipun tulisan tersebut tidak sesuai dengan satu orang, bisa saja sesuai dimata ribuan orang. 

Apalagi sama-sama seorang blogger. Pastinya, ada proses pembuatan sebuah tulisan sampai menjadi tulisan yang disukai banyak orang.

Jangan Berkomentar Terlalu Pendek

Berikanlah tanggapan pasti terhadap postingan seseorang. Biasanya, jika hanya mencari backlik, mereka hanya berkomentar, “Thanks gan.” Atau, “Nice Artikel.” Dan lain sebagainya. Ya, meskipun tidak semuanya memiliki niat seperti itu. Setidaknya, ada tanggapan balik dari si komentator. 

Selain itu, baca dengan seksama artikel yang disajikan. Jangan sampai Anda hanya buang-buang tenanga untuk mengunjungi blog orang tanpa mendapatkan ilmu. Setidaknya, Anda mendapatkan orang baru, teman baru, ilmu baru juga backlink (Jika dofollow).

Berkomentar Tanpa Menyinggung Sara dan Fornografi 

Jika seseorang memposting tentang etnis, agama atau hal-hal yang berhubungan dengan orang dewasa, Anda harus tetap berkomentar pada tempatnya. Jangan sampai, ketika si penulis blog membahas tentang suatu agama, Anda malah menghujatnya. Hal tersebut tidaklah baik, selain telah menyinggung unsur sara—menyebabkan perpecahan, Juga telah membuat rumah orang (Red: Blog) ricuh.

Begitulah beberapa point tentang komentar relevan. Jika ada yang ingin ditambahkan, tulis saja di komentar ya. Terima kasih.

Share This :