Hal-hal yang Harus Dihindari jika Ingin Betah Bekerja
Saya yakin, semua orang pasti mempunyai pekerjaan, entah tukang kebun, tukang nyapu, tukang becak, guru, pegawai kantor dan presiden sekalipun. Awalnya, banyak orang yang mendamba-dambakan sebuah pekerjaan, atau sangat yakin bahwa dirinya sangat cocok jika bekerja dalam bidang tertentu. Namun, seiring berjalannya waktu, semua berbelok oleh hal-hal yang membuat seseorang tidak betah bekerja.
Lalu, apa saja yang membuat seseorang tidak betah atau tidak merasa cocok bekerja? Jika Anda ingin betah bekerja, maka wajib menghindari hal-hal sebagai berikut:
Kurang Piknik
Jangan biarkan, Anda hidup hanya untuk bekerja. Well, memang harus penuh dedikasi di tempat bekerja, namun hal tersebut malah akan membuat otak Anda panas. Sehingga, lama kelamaan Anda tidak akan merasa nyaman bekerja. Akibatnya, hari-hari Anda berjalan dengan stress dan jenuh.
Mulailah mempergunakan hari libur sebagai perefresh otak. Setidaknya, jangan sampai hari libur Anda digunakan untuk tiduran atau diam seharian di kontrakan/ kamar kos. Bermainlah! lepaskanlah hormon stress yang melekat di otak setelah beberapa hari bekerja.
Baperan
Bekerja itu dibawa enjoy, bukan dibikin ribet dengan selalu menganggap apa yang orang kritik, apa yang atasan katakan, atau apa yang relasi kerja bicarakan. Jadikan kritikan tersebut sebagai penumbuh semangat, bukan malah membuat Anda down. Di sinilah banyak yang menyerah. Mereka lebih memilih ego masing-masing ketimbang belajar dewasa untuk menerima sesuatu.
Hindari bawa perasaan, lapangkan dada, belajarlah dari hal-hal yang menimpa hari-hari Anda di tempat bekerja.
Terlalu Hemat dan Terkesan pelit
Pasti banyak orang yang bekerja di luar kota, atau bahasa umumnya merantau. Kebiasaan pekerja yang merantau adalah terlalu hemat dalam hal uang. Biasanya, mereka sengaja menyimpan uang untuk keperluan keluarga dan lain sebagainya. Sebenarnya, hal itu tidak dilarang, namun, ketika Anda bisa hidup berkecukupan di perantauan, Anda akan merasakan gairah dan semangat yang tinggi ketika bekerja, dibanding serba dikempit-kempit. Namun, pastinya pengeluaran selama merantau tersebut juga perlu diperhitungkan.
Malas Bersosialisasi
Pastinya, ketika bekerja seseorang akan bertemu dengan relasi atau kolega. Berusaha akrab lah, agar Anda bisa merasa nyaman bekerja dibanding harus diam tanpa menunjukan keramahan kepada orang lain. Selain itu, orang lain akan senang kepada Anda.
Suka Mengadukan Rekan Kerja
Mengadukan rekan kerja ke atasan bukan hal baik. Mengapa? Jika rekan kerja kita tidak baik dalam melakukan pekerjaan, pasti orang lain akan melihat juga. Jangan malah kita yang mengadukan kepada atasan. Alasan hal itu dilarang karena dapat membuat perpecahan. Selain itu, akan dikejar-kejar ketidak puasan karena hanya berniat menjatuhkan orang lain.
Begitulah hal-hal yang harus dihindari jika ingin betah bekerja. Jika ada yang ingin ditambahkan, sahabat bisa berkomentar. Terima kasih.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert