iklan banner
MASIGNCLEAN101

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat blog Baru

iklan banner
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat blog Baru

Semakin sini semakin banyak orang yang memutuskan menjadi  seorang blogger, termasuk saya. Tidak dipungkiri, saya memang membuat blog setahun lalu, tapi baru update kalimat-kalimat gak jelas bulan Januari 2016 dan benar-benar update bulan April 2016. 

Yah, awalnya belum tahu apa keuntungan blog, apa yang bisa dihasilkan dari blog dan lain-lain. Namun, seiring rasa ingin tahu yang tinggi, saya semakin banyak menelusuri hal-hal yang berkaitan dengan blogger di Mbah google. 

Dari sana, saya mulai tahu yang namanya artikel berkualitas, blogwalking, SEO, backlink, dan lain sebagainya. Lalu, adakah yang masih bingung ketika telah membuat sebuah blog? Saya yakin, masih ada, meskipun dalam jumlah kecil. 

Sebagai bahan percobaan dan pertimbangan, Anda boleh menggunakan beberapa hal yang saya uraikan berikut ini:

Menentukan Niche Blog

Hal ini sangat penting. Niche bisa disebut sebagai materi atau hal-hal yang menjadi pembahasan utama di blog yang dikelola. Misalkan, otomotif, Hewan, Makanan dan lain sebagainya.  Dengan menentukan niche, Anda akan lebih fokus untuk nge-blog. Setidaknya, pilihlah niche yang sesuai dengan hobby atau pashion Anda.

Memasang Widget-Widget Penting

Yups, sahabat bisa searching tentang widget yang wajib dipasang di blog. Tidak dipungkiri, hal-hal tersebut akan membantu perkembangan blog yang dikelola. Contoh kecilnya, widget Email, label, Postingan Populer atau kontak dan media sosial yang bisa dihubungi.

Mendaftar Webmaster Tool

Nah, hal ini sering disepelekan. Justru, mendaftar ke webmaster tool sangat penting. Karena, hal tersebut bisa memudahkan pengelola untuk memantau blognya. Seseorang akan mengetahui beberapa informasi penting di dalamnya.

Menulis Artikel Secara Berkala 

Bukankah orang tertarik dengan isi blog kita? Tentu saja. Buatlah artikel yang menarik dan mudah dipahami. Yang paling penting, buat artikel secara rutin. Misal sehari satu kali, atau dua hari satu kali, dan lain sebagainya. Usahakan, jika Anda sibuk buatlah minimal tiga artikel dalam satu minggu.

Pengunjung akan senang dengan ke-update-an sebuah blog. Google pun akan melihat konsistensi  sebuah situs.

Mensubmit Artikel  

Jika sudah memposting artikel, cobalah submit artikel tersebut ke webmaster supaya bisa ditelusuri search engine, atau ke bing dan yahoo. Hal tersebut bisa membuat blog lebih dikenal baik oleh mesin pencari atau pun oleh manusia yang mencari informasi.

Promosikan Blog

Promosikan artikel yang diposting di media sosial seperti facebook, twitter, linked in, google plus dan lain sebagainya. Hal tersebut akan memudahkan pengguna media sosial dalam mencari sebuah informasi.  

Anda juga bisa mempromosikan blog di dunia nyata. Kepada teman-teman atau orang lain tentang eksistensi Anda di dunia blogger. Cobalah jelaskan artikel-artikel yang diposting di blog tersebut. Jangan lupa, berikan juga alamatnya.

Blog Walking

Jika semua sudah dilakukan, sekarang giliran Anda berkenalan dengan blog lain. Gabunglah dengan komunitas-komunitas blogger di media sosial. Mulailah mengunjungi blog lain dengan meninggalkan komentar. Anda juga bisa meminta pemilik blog untuk mengunjungi balik. Kuncinya, Anda harus tetap berkomentar dengan baik. Jangan sampai komentar Anda membuat orang tidak suka dan enggan untuk mengunjungi balik.


Rasanya hal-hal di atas sudah cukup bagi pemilik blog baru, untuk hal-hal lain, sahabat bisa mencari referensi di blog lainnya. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Share This :