iklan banner
MASIGNCLEAN101

Manfaat Senam Otak dan Gerakan Senam Otak

iklan banner
Keyword Result: RMB Blogger, Manfaat Senam Otak dan Gerakan Senam Otak

Senam otak merupakan suatu rangkaian gerakan yang berbasis pada tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan otak. Otak merupakan organ tubuh yang  tersusun dari ribuan neuron atau
sel saraf dan merupakan pusat
aktivitas dan pusat pengendali tubuh.

Senam otak sangat baik dilakukan pada awal pembelajaran, yang berguna membuka titik-titik positif belajar. Setelah belajar, senam otak juga bisa dilakukan kembali untuk bisa membuat santai/rileks akibat proses pembelajaran yang melelahkan/mengangkang/ membutuhkan konsentrasi tinggi. senam otak dapat pula berfungsi meredakan dan mengurangi stres.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat-manfaat senam otak lainnya yang dapat anda rasakan, diantaranya yaitu :
1. Meningkatkan konsentrasi
2. Meningkatkan daya ingat
3. Dapat berfikir lebih cepat
4. Bagi pelajar dapat menangkap pelajaran dengan baik.
5. Menyeimbangkan kemampuan belahan otak kanan dan belahan otak kiri.
6. Merelaksasi otot
7. Meningkatkan percaya diri
8. Meningkatkan management waktu seseorang
9. Menangani trauma pasca kecelakaan atau bencana alam

Lalu, bagaimana cara melakukan Gerakan senam otak? Simak informasinya berikut ini:

1. Lekatkan kedua tangan di depan dada dan tempelkan kelima ujung jaring tangan kanan dengan kelima jari tangan kiri. Setelah itu, lepaskan ibu jari lalu putar kedua ibu jari tersebut kedepan dan kebelakang seperti halnya menggoes sepeda.
Kemudian lakukan pada jari jari lainnya secara bergantian, lakukan senam ini semakin lama semakin cepat.

2. Anda dapat mendekatkan telapak tangan kiri di depan dada dan telapak tangan kanan membentuk pistol dengan ibu jari mengacung keatas sedangkan telunjuk mengacung ke depan. Setelah itu, tempelkan ujung jari telunjuk pada telapak tangan. Kemudian gantian dengan telapak tangan kanan menjadi pistol dan tangan kiri yang menjadi pistol berubah menjadi telapang tangan yang akan dijadikan target tembak tangan kanan dan begitu seterusnya dilakukan secara bergantian dengan cepat.

3. Tempelkan telapak tangan kanan diatas kepala, sedangkan telapak tangan kiri ditemplkan pada perut. Setalah itu, gerakan telapak tangan
kanan dengan cara menepuk kepala, sedangkan telapak tangan yang kiri memutar di area perut.
Kemudian lakukan gerakan senam ini secara bergantian posisi dan semakin lama semakin dipercepat gerakan dan pergantiannya.

4. Posisi duduk, lalu letakan tangan kanan pada paha kanan dengan tangan dikepalkan yang berfungsi
sebagai palu, sedangkan telapak tangan kiri ditempelkan pada paha kiri. Kemudian gerakan tangan kanan dengan gerakan memukul paha kanan, sedangkan telapak tangan kiri melakukan gerakan maju mundur dan lakukan kedua gerakan tersebut secara bersamaan dengan cukup cepat.

5. Gerakan paling sulit, caranya :Acungkan kedua telunjuk anda dengan mengarah kedepan, lalu gerakan telunjuk tangan kanan dengan memutar membentuk lingkaran sedangkan telunjuk yang tangan kiri gerakan membentuk  persegi atau kotak.
Lakukan gerakan tersebut beberapa kali dengan cukup cepat dan lakukan juga secara bergantian tugas.

Share This :